Friday 3 August 2012

Kucing Ndas Ireng Nyolong Jamur

Jum'at, 3 Agustus 2012, bulan Ramadhan
Indaramayu, kamar kos-kosan.

Salam wew..

Hari ini hari pertama aku mulai nge-blog, dan hari ini hari pertama aku mulai kerja shift di pabrik (selama 3 bulan + 2 hari masuk pagi pulang sore ), Akhirnyaaaaaa…!!!!!!

**Oiya, sekedar info, saya bekerja di sebuah pabrik petrochemical di sini (#Di sini mana??? ) ya di sini, bawel lu..!! haha…  Saya mulai bekerja di pabrik ini sejak tanggal 1 Mei 2012, dan pada saat itu pula pabrik pas dalam tahap shut down. Apes gua… (x_x)

Yaaahhh, antara senang dan galau juga nih masuk shift… hahaha…
Senang, karena bisa ngerasain jam kerja yang sebenarnya, berkumpul dengan team kerja yang sebenarnya (group C, supervisor yang sebelum saya pergi ke Qatar. Hmmm…).
Galau, karena aku masuk shift sekarang ini bukan rencana awal pabrik dan juga bukan rencanaku (*aku mudik lebarannya gimana kalau masuk shift?? Wkwkwk, just enjoy it champ..!! :-D). Kalian tau? itu semua gara-gara adanya insiden “Kucing Ndas Ireng Nyolong Jamur”.

Whaaatt??? Buat apa kucing nyolong jamur?? Emangnya kucing doyan sama jamur? Kalo nyolong teri sih masuk akal??
Eitss... kucing ini bukan sembarang kucing, kucing ndas ireng adalah maling. Si maling ini berani-beraninya mengambil jamur berwarna merah merekah yang tumbuh di jalur pipa propylene (baca: Control Valve, haha..). Entah karena nekat atau memang cerdik, si maling ini melakukan aksinya dengan sangat rapi, padahal di pipa tersebut masih full terisi propylene cair, tau aja si maling ini sehingga ia menutup manual valve supaya propylene tidak blow out kemana-mana. bahkan dia bisa mengambil control valve itu tanpa ada alarm di MCR (Main Control Room), dan sangking rapinya lagi, tidak ada orang yang sadar kalau itu control valve sudah dicuri orang, meskipun beberapa orang sudah tahu si PC 321 (*Initial control valve tersebut) sudah tidak nangkring lagi di jalur pipa propylene itu, hmmm…

Pertanyaannya, kok bisa sih mereka nggak sadar? Apakah mereka bodoh?? Noooo…. Itu karena baut yang dilepas dari control valve itu tertata rapi di dekat pompa tidak jauh dari TKP. (#Trus apa hubungannya???) sabar dulu bawel..!!  Karena pekerjaan maling ini rapi, mereka mengira dari pihak “maintenance” sedang melakukan perbaikan atau penggantian valve, dan perkiraan itu tidak dikonfirmasi ke pihak “maintenance”. Sampai akhirnya berita itu sampai ke telinga sang Superintendent dengan susah payah, melewati jalan terjal berdebu naik turun gunung (#lebay) sehingga baru dikonfirmasi ke pihak maintenance, supervisor (*karena setiap ada pekerjaan di area produksi, permit wajib mendapat persetujuan supervisor), dan ternyata mereka tidak merasa menyentuh apalagi mengelus-elus, upsss, mengutak atik dan  melepas si PC 321 tersebut. Dari situ  akhirnya kita semua sadar bahwa si PC 321 ini sudah berpisah dan meninggalkan kita untuk selama-lamanya pada hari Rabu, 1 Agustus 2012 (#Innalillahi wa inna ilaihi roji’uun..) *Plakk…!!!! Sadar woy…!!

Dan dengan berat hati akhirnya berita itu disampaikan kepada para petinggi perusahaan, manager produksi, general manager, security, safety, HR&GA dan pihak-pihak yang tidak dapat saya sebutkan di sini satu persatu. Dan mereka langsung meluncur ke TKP untuk memberi salam perpisahan terakhir kepada si PC 321 (#plak..!!!), eh, maksud saya untuk membuktikan kabar pencurian tersebut dan menelusuri kaburnya si “kucing ndas ireng”.
Dan berdasarkan hasil penelusuran dan instink yang kuat dari sang Superintendent, rupanya si maling ini membawa kabur si PC 321 itu dengan cara yang tidak manusiawi (karena diseret menyeberangi parit kecil di dalam pabrik *dibuktikan dengan adanya beberapa goresan merah di dinding lereng parit), kemudian melewati pagar jeruji besi (*dibuktikan dengan adanya 4 buah jeruji yang digergaji dan bekas cat warna merah), kemudian melompat pagar tembok dan kabur lewat sawah.
(#krik krik krik… buktinya manaaa????) *bawel banget sih lu…??!! Kalo nggak lewat sawah trus lewat mana lagi??

Dan Konsekuansi dari kejadian ini, akhirnya semua karyawan jadi kena imbasnya. Jadwal kerja sekarang dikembalikan seperti jadwal saat pabrik sedang beroperasi. Hohoho… kayaknya banyak rencana mudik yang berantakan, tertunda, bahkan gagal. Ohh noooo…!!! L Lebih dari itu, pabrik kami sekarang dijaga 24 jam nonstop layaknya kantor pusat FBI di Langley, Virginia. Wkwkwkwk…
Bukan berlebihan sih sebenarnya keputusan management ini, karena sebelumnya memang ada beberapa kasus serupa yang bahkan pelakunya tertangkap kamera CCTV dan pelaku dibawa ke pihak kepolisian. Namun apa daya, yang seperti itu tidak membuat si maling jera..

So, kami orang-orang produksi yang masuk kerja dibagi dalam 4 kelompok, yang ditugaskan menjaga 3 pos jaga di pinggiran perbatasan pabrik, tiap 2 jam sekali kami rolling. 3 kelompok berjaga, 1 kelompok istirahat. Begitu seterusnya sampai pabrik beroperasi. Dan ini berlaku juga bagi departemen lain dan perusahaan lain yang berada di dalam lingkungan pabrik saya. (#What?? Saya?? Wkwk..) *plakk.. diem lu..!! hahaha..

Nah, atas alasan itulah mulai hari ini saya masuk shift gan.. hari pertama masuk shift langsung shift malam.. 12am - 8 am o’clock.. wewww…
Let’ enjoy tonight seeing billions stars sparkling above my head.. J

Beginilah yang namanya cari nafkah, untuk menghidupi anak istri dan keluargaku nanti.. (#Calon istri aja belum ada, dah sok banget lu..) *sssttt… jangan bongkar rahasia.. huhuhuuu…


No comments:

Post a Comment

like and share

  • Share
  • [i]